banner


Ketan susu COEG jajanan anak muda yang lagi laris di kota Denpasar.

Kata 'coeg' tidak hanya populer di daerah Jawa Timur saja. Di kota Denpasar, Bali, ada tempat nongkrong asik yang juga memakai kata 'sakti' tersebut. Ketan Susu Coeg, salah satunya.
"Saya sama temen-temen, pas lagi ngumpul, biasa nambahin kata itu (coeg) di akhir kalimat. Karena kebiasaan, tercipta lah Ketan Susu Coeg," ujar Sattwika Yudharma (23), sang pemilik, saat ditemui di tempat usahanya, Selasa (26/7) malam.
Ketan Susu Coeg, Jalan Tukad Pakerisan no 116A, Panjer, Denpasar.
Ketan Susu Coeg, Jalan Tukad Pakerisan no 116A, Panjer, Denpasar.
Ketan Susu Coeg terletak di jalan Tukad Pakerisan no 116A, Panjer, Denpasar. Bila Anda datang dari arah Waturenggong atau Tukad Barito Barat, posisinya berada di kanan jalan sebelum Hardy's Mall. Buka tiap hari, mulai dari pk 14.00 - 00.00 Wita.
Kedai yang baru diresmikan tgl 9 Juni silam ini, merupakan lokasi usaha yang kedua. Yang pertama di timur persimpangan jalan Gunung Salak, Marlboro, Denpasar.
"Karena di sana tempatnya terbatas, pakai gerobak, tidak bisa menampung banyak pelanggan, akhirnya kita buka cabang di sini," tutur pemuda asal Bali itu menambahkan.
Sesuai namanya, ketan susu adalah menu andalannya. Selain itu, tersedia juga pisang goreng, roti bakar, indomie, kentang goreng dan nugget. Adapun minuman berupa mocktailmilkshake dan es krim float.
"Konsepnya, kami ingin menyajikan hidangan tradisional yang bersahaja, merakyat," kata Wika, sapaan akrabnya, ramah.
Pada kesempatan itu, saya dan partner seperjalanan, memesan ketan keju susu toping es krim stroberi dan pisang goreng vla vanila keju stroberi. Sementara minumannya mocktail janda kaget dan blue ocean.
Proses memasaknya cukup cepat. Sekitar 15 menit, pesanan terhidang di atas meja.
Tampilan ketan pesanan saya terlihat cantik, menggugah selera. Siapapun yang melihatnya bisa dipastikan ngiler, tak sabar ingin lekas mencicipinya.

Ketannya dibalut parutan keju. Dikucur susu kental manis dan puncaknya diduduki sebongkah es krim stroberi. Sementara itu, disekeliling ketan terdapat rendaman susu putih murni.
Yang menarik, menurut saya adalah, sensasi pertemuan antara dinginnya es krim dan hangatnya susu. Rasanya gimanaaa... Gitu.
Semburan rasa dari berbagai komposisi menyeruak di rongga mulut. Sensasi dingin es krim, manis dari susu kental manis, asin dari keju, gurih dari ketan dan susu murninya, membuat lidah bergoyang dombret.
Begitu pula dengan racikan pisang gorengnya. Topping-nya melimpah, enggak pelit. Tekstur buahnya pas. Manis, enggak ada bagian yang sepat.
Ketan Susu Coeg asik dibuat kongkow bersama teman maupun rekan kerja. Terdapat banyak bingkai foto berisi kata yang menghibur sekaligus menggelitik.

Subscribe to receive free email updates: