banner


Aneka rasa dodol khas desa Penglatan, penggoda lidah.

Dodol merupakan salah satu makanan cirikhas dari desa penglatan usaha dodol memang tidak dapat dilepaskan dari Desa Pengelatan karena sebagian besar masyarakat di desa Penglatan memiliki industri dodol. Hal ini terlihat jelas saat kita berkunjung ke desa tersebut, hampir setiap sudut rumah penduduk menjajakan makanan manis dan gurih di lidah ini.  Bukan hanya pada saat hari raya Galungan dan Kuningan saja dodol ini dicari-cari untuk keperluan sembahyang, tetapi hampir setiap hari disediakan untuk mereka yang membelinya sekedar untuk oleh-oleh.  Berbagai aneka rasa ditawarkan untuk memenuhi selera konsumen, mulai dari rasa pandan, rasa durian, rasa nangka, dan rasa kacang tentunya.



Gambar disamping adalah gambar salah satu isi dodol rasa kacang tanah. Dodol kacang adalah salah satu dodol yang paling diminati oleh pembeli karena selain gurih dan manis juga terdapat kacang didalamnya sehingga membuat rasa dodol menjadi lebih enak.


Gambar disamping adalah gambar salah satu isi dodol rasa durian. Memang dodol dari Desa Penglatan bercirikhas, slah satu cirikhasnya dalaha pembukus dari daun jagung. Selain alami juga sehat karena tidak mengandung sat plastik atau sat berbahaya lainnya yang bisa menyebabkan kangker atau penyakit lainnya. Selain rasa yang enak tahan lama tanpa pengawet dodol dari desa penglatan ini juga sehat.

Adanya usaha dodol pengelatan tentu berdampak positif bagi Desa Pengelatan umumnya dan masyarakat desa khususnya, karena hampir 70% masyarakat desa  menggeluti usaha pembuatan dodol dan dalam pembuatan hingga pengemasan dodol tentu membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit jadi masyarakat desa setempat memiliki lapangan pekerjaan khususnya bagi para ibu-ibu rumah tangga. Usaha dodol di Desa Penglatan sudah sangat terkenal diluar Desa Pengelatan  di Kabupaten Buleleng bahkan sudah sampai ke seluruh Provinsi Bali. Dari sini terlihat jelas bahwa rasa dari dodol pengelatan tidak perlu diragukan lagi, jika biasanya kita hanya menemui dodol injin tidak demikian dengan dodol khas Desa Penglatan. Dodol hasil produksi desa ini memiliki berbagai macam rasa seperti, rasa nangka, durian, pandan, dll. Agar tidak penasaran dengan berbagai varian rasa tersebut lebih baik langsung mencoba sendiri, dijamin tidak akan menyesal dan bisa ketagihan. Jika berminat  bisa langsung mengunjungi sentra usaha dodol yang sudah tidak asing lagi sejak 1999 yaitu Usaha Dodol Cap SINGARAJA Produksi Bu Ryan yang telah memiliki ijin Depkes P-IRT No. 206510801112 sehingga mutu dan kwalitasnya terjamin, yang beralamat di Jl. Pulau Irian - Gg. Wijaya Kusuma No.1 - Desa Pengatan - Kec. Buleleng - Bali, atau untuk pemesanan Hub. 087863051776 / 081936318006


Sumber:  BaliTravelNews

Subscribe to receive free email updates: